Sunday, August 12, 2012

Tidak bisa dipungkiri sejak Apple mengumumkan iPhone tahun 2007, smartphone langsung terbentuk sebagai mass consumer market. Padahal beberapa tahun sebelumnya atau tepatnya tahun 1993, smartphone sudah beredar terbatas di pasar.

Wajar memang mengingat definisi smartphone saat itu secara masif diperuntukkan bagi kalangan enterprise dengan harga yang dibanderol sangat mahal. Berbeda memang ketika itu operator di Barat belum melirik smartphone untuk disubsidi untuk jangka panjang.

Walaupun arti smartphone zaman dulu dengan saat ini terdapat perbedaan, namun keduanya mempunyai fungsi yang sama. Sebagai alat penunjang kerja dan komunikasi.

The Simon


sukague.com

The Simon dirilis perdana pada tahun 1993. Ketika pertama kali diluncurkan, perangkat ini sudah mempunyai fungsi lengkap selain sebagai mobile phone--voice dan data, juga untuk PDA dan mesin fax. Maka layak rasanya The Simon disebut sebagai smartphone generasi pertama.

Bodinya sendiri cukup besar dan khas ponsel zaman dulu. Menariknya, smartphone The Simon sudah mengusung layar sentuh untuk memencet tuts tombol di bagian tengahnya.

Zaman itu, The Simon dibanderol dengan harga yang terbilang sangat wah, yakni sekitar USD899.

Palm Pilot

sukague.com

Sejatinya Palm Pilot bukan termasuk kategori smartphone, karena fungsi utamanya adalah untuk data saja, yang tentu sangat penting untuk pengguna enterprise.

Bentuknya yang kotak membuat Palm Pilot termasuk kategori personal digital asisstant (PDA). Perangkat ini banyak digunakan untuk pekerja yang tidak ingin meningalkan pekerajaannya saat meninggalkan kantor.

Diperkenalkan tahun 1996, Palm Pilot 1000 yang merupakan salah satu generasi pertama mengusung prosesor 16Mhz dengan total memori 128KB.

Nokia Communicator 9110

sukague.com


Dilempar ke pasar pada tahun 1998, Nokia Communicator 9110 menandai sesuatu yang baru dan modern dari smartphone. Perangkat ini menjadi inspirasi dan dikenal sebagai ponselnya pebisnis.

Lebih portabel, dengan model slider, layar memanjang dan papan ketik qwerty menjadikan Communicator 9110 begitu melegenda. Apalagi fungsinya juga bertambah dengan kehadiran browser web, walaupun belum maksimal seperti sekarang.

BlackBerry 5810

sukague.com


Pada akhir tahun 1990, Research in Motion (RIM) awalnya dikenal sebagai manufakturing pager yang digunakan oleh jutaan remaja di seluruh dunia. Namun mulai tahun 2002, RIM mulai masuk ke pasar mobile phone dengan device pertamanya adalah BlackBerry 5810.

Smartphone itu mencuri perhatian karena kemampuannya selain untuk berselancar di dunia maya, juga kemampuannya menerima email dengan cepat.

RIM sendiri kemudian cukup lama tidak pernah merilis smartphone yang baru, hingga pada tahun 2004 meluncurkan BlackBerry 6210.

Treo 600


sukague.com

Treo 600 adalah smartphone pertama yang dirilis oleh Palm--setelah sebelumnya sukses dengan PDA. Treo juga menjadi handset pertama yang diperkenalkan menggunakan OS Plam besutan sendiri.

Smartphone itu menggunakan RAM 32MB and procecor berkekuatan 144MHz. Treo 600 termasuk yang mempengaruhi pasar karena nama besar Palm itu sendiri.


iPhone

sukague.com

Ketika Apple memperkenalkan iPhone pada tahun 2007, banyak yang menyangsikan kesuksesannya. Namun Steve Jobs saat itu berhasil membuat sesuatu yang revolusioner.

Tidak hanya menawarkan fungsi smartphone seperti pendahulunya, namun juga fungsi entertaiment dengan kekuatan ekosistem aplikasi di App Store.


 Sumber