Thursday, August 11, 2011


http://faktabukanopini.blogspot.com/

1. Beli bensin di pagi hari
Belilah bensin untuk kendaraan anda hanya di pagi hari atau subuh saat temperatur tanah masih dingin. Mengapa begitu ? ingat, semua pom bensin memiliki tangki penyimpanan di dalam tanah. Semakin dingin temperatur tanah akan membuat densitas (tingkat cair) bensin semakin baik. Saat temperatur mulai hangat, bensin akan mengembang sehingga saat membeli bensin di siang atau sore hari, maka jumlah cairan bensin di kendaraan anda tidak benar-benar satu tangki. Dalam bisnis bahan bakar, pengaturan gravitasi bumi, temperatur dari bensin, solar, bahan bakar jet atau produk bahan bakar yang lain, mendapat pengaturan yang sangat penting. Kenaikan satu derajat saja, memiliki pengaruh yang besar dalam bisnis ini. Tetapi umumnya pom bensin tidak memiliki alat pengatur kompensasi temperatur di mesin mereka.

2. Atur kecepatan Aliran pipa bensin ke Mode Slow
saat mengisi bensin sendiri (secara swalayan - umumnya di luar negeri), jangan memilih bukaan pada mode fast. Jika anda lihat di gagang keran ada 3 tingkatan: Low, middle dan high. Pada mode slow, anda mengatur pompa aliran bensin dalam kecepatan rendah, sehingga meminimalkan terjadinya penguapan saat bensin dipompa. Semua gagang keran bensin mempunyai saluran untuk mengisap uap (vapor return). Jika anda memompa pada mode fast, maka ada bagian cairan bensin di tangki mobil anda yang menjadi uap. Uap bensin itu akan dihisap oleh ujung keran pipa pom dan dikembalikan ke tangki penyimpanan di dalam tanah, sehingga jumlah bensin yang anda bayar jadi berkurang.

3. Isi Bensin saat isi tangki kendaraan masih setengah
Satu tips yang paling penting adalah, isi bensin saat tangki kendaraan anda masih berisi setengah. Alasannya adalah, semakin banyak gas didalam tangki kendaraan, maka udara yang ada semakin sedikit. Bensin dapat menguap lebih cepat dari yang anda bayangkan. Tangki penyimpanan di pom bensin memiliki atap mengapung di dalamnya (internal floating roof). Atap ini selalu mengapung di permukaan bensin dan menghilangkan gas yang ada di udara di dalam tangki penyimpanan, sehingga bisa meminimalkan penguapan.

4. Jangan mengisi bensin kalau POM sedang diisi
Hal yang lain yaitu, jangan mengisi bensin jika melihat ada truk tangki yang sedang mengisi di pom bensin tersebut. Kenapa? alasannya adalah, saat truk tangki mengisi di tangki penyimpanan, maka ada uap (gas) yang ikut terbawa, dan kotoran yang ada di dasar tangki bisa teraduk keatas, dan masuk ke dalam kendaraan anda.


http://hermawayne.blogspot.com/2009/02/tips-untuk-mengisi-bensin.html