Tuesday, July 5, 2011

Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat kemarin, 4 Juli, ternyata ada sederet kota di negara itu yang menyandang predikat kota terbesar berdasarkan populasi penduduknya. Kota-kota ini, mengacu sensus penduduk 2010, bukanlah kota baru. Sebagian besar sedari beberapa tahun ke belakang memang sudah memimpin sebagai kota yang memiliki populasi penduduk terbesar. Berikut 5 kota terbesar berdasarkan skala penduduknya:


1. New York
New York adalah kota terpadat di Amerika Serikat, dan pusat wilayah metropolitan New York yang merupakan salah satu wilayah metropolitan terpadat di dunia. Sebuah kota global terdepan, New York memberi pengaruh besar terhadap perdagangan, keuangan, media, budaya, seni, mode, riset, penelitian dan hiburan dunia. Sebagai tempat markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa, kota ini juga merupakan pusat hubungan internasional yang penting. Kota ini sering disebut New York City atau City of New York untuk membedakannya dari negara bagian New York, tempat kota ini berada. Pada tahun 2010, jumlah penduduk kota ini diperkirakan mencapai 8,4 juta jiwa, dan dengan luas daratan 790 km², New York City merupakan kota besar paling padat di Amerika Serikat. Jumlah penduduk wilayah metropolitan New York juga merupakan yang terbesar di Amerika Serikat dengan sekitar 19.1 juta jiwa memadati wilayah seluas 17.400 km². Selain itu, Wilayah Statistik Gabungan yang mencakup wilayah metropolitan New York raya berisi 22.2 juta jiwa pada perhitungan sensus 2010 yang juga merupakan jumlah terbesar di Amerika Serikat.



 
2. Los Angeles
City of Los Angeles, seringkali disingkat L.A., adalah kota besar di barat Amerika Serikat. Ia adalah kota terpadat kedua di AS (setelah New York City) dan adalah kota terbesar di California. Para penjelajah Spanyol menamai sebuah sungai yang indah dalam bahasa Spanyol: El Pueblo de Nuestra Señora la Reina de los Ángeles del Río de Porciúncula. Pada 4 September 1781, para pemukim dari Misi San Gabriel mendirikan kota dan menamainya sesuai dengan nama sungai itu, namun dalam bentuk yang lebih singkat. Nama resminya adalah El Pueblo de la Reina de los Ángeles, atau “Kota Ratu dari para Malaikat.” Los Angeles diresmikan sebagai kota pada 4 April 1850. Populasinya adalah 3,792,621 jiwa hingga sensus 2010.





3. Chicago
Kota dengan populasi penduduk mencapai 2,6 juta jiwa ini, adalah kota terbesar di negara bagian Amerika Serikat Illinois, didirikan pada 12 Agustus 1833. Chicago termasyhur untuk peternakan dan area industrinya yang tersebar, pelabuhannya yang strategis di Danau Besar, posisinya sebagai pusat jaringan KA terpenting di AS bagian utara, dan semangatnya yang tak kunjung padam selama Kebakaran Besar 1871. Juga dikenal dengan sastrawan terkenal seperti Saul Bellow, Gwendolyn Brooks, Carl Sandburg, dan Theodore Dreiser, serta arsitektur kelas dunianya yang dihasilkan para master seperti Frank Lloyd Wright.




4. Houston
Houston adalah kota terbesar keempat di Amerika Serikat dan kota terbesar di negara bagian Texas. Pada sensus tahun 2008 kota ini memiliki populasi 2,3 juta di wilayah seluas 1.600 km². Houston merupakan ibukota county dari Harris County dan merupakan pusat ekonomi untuk kawasan metropolitan Houston–Sugar Land–Baytown terbesar keenam di Amerika Serikat dengan populasi kira-kira 6 juta jiwa. Kota yang relatif muda ini didirikan Sam Houston pada 1836 di atas lokasi Harrisburg yang hancur setelah tentara Texas-nya membebaskan negara bagian ini dengan menangkap Jenderal Mexico Santa Ana. Houston terus tumbuh setelah perang itu berkat pusat kereta apinya, pelabuhannya yang baik dan kepentingan negara atas minyak dari Texas. Kini Houston yang berpenduduk 2,09 juta jiwa Houston merupakan kota berarsitektur modern dan tempat kedudukan bagi Pusat Angkasa Luar Johnson milik NASA, di mana semua astronot dilatih dan semua penerbangan angkasa luar berawak direncanakan dan dikendalikan. Kini (sensus 2010), Houston yang berpenduduk 2,09 juta jiwa.




5. Philadelphia
Philadelphia adalah kota terbesar di negara bagian Pennsylvania, Amerika Serikat. Meskipun bukan merupakan ibu kota negara bagian, (ibu kota Pennsylvania adalah Harrisburg), Philadelphia merupakan salah satu kota paling bersejarah di Amerika. Menurut sensus tahun 2000, Philadelphia ditetapkan sebagai kota terbesar kelima di Amerika Serikat. Perkiraan populasi penduduknya pada sensus penduduk 2010 adalah 1,547,297 jiwa, dengan mencakup luas 349,9 km².



Sumber :