Saturday, July 16, 2011

Artikel dibawah ini berkaitan dengan 5 gereja tertinggi yang tersebar diberbagai pelosok  di dunia. Ketinggiannya, pernah menjadikan gereja-gereja tersebut sebagai bangunan tertinggi di dunia pada abad silam.  Berikut ulasannya:

1. Ulmer Munster  (Tinggi  161,5 m)
Minster  Ulm adalah sebuah gereja Lutheran yang terletak di Ulm, Jerman. Meskipun kadang-kadang disebut sebagai Ulm Cathedral karena ukurannya yang besar. Ulm Minster adalah contoh terkenal dari arsitektur gereja Gothic. Seperti Cologne Cathedral, juga dimulai di era Gothic, Ulm Minster tidak selesai sampai abad ke-19. Gereja ini tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 161,5 meter, dan struktur tertinggi  ke-4 yang dibangun sebelum abad ke-20. Dari tingkat atas di ketinggian 143 m akan terlihat panorama Ulm di Baden-Württemberg dan Neu-Ulm di Bavaria, dan dalam cuaca cerah, pemandangan pegunungan Alpen dari Santis ke Zugspitze terhampar indah.




2. Katedral Lincoln (Tinggi 159,7 m)
Katedral Lincoln adalah katedral Anglikan bersejarah di Lincoln, Inggris. Gereja ini konon gedung tertinggi di dunia selama 249 tahun (1300-1549). Menara utamanya runtuh pada tahun 1549 dan tidak dibangun kembali. Ketinggian gereja ini mencapai.





3. Gereja St. Olaf (Tinggi 159 m)
Gereja St Olaf terletak di Tallinn, Estonia. St. Olaf diyakini telah dibangun di abad ke-12 dan telah menjadi pusat bagi masyarakat tua Tallinn Skandinavia, sebelum penaklukan Tallinn oleh Denmark di 1219. Gereja ini didedikasikan berkaitan dengan Raja Olaf II dari Norwegia (alias Saint Olaf, 995-1030). Sekitar tahun 1500, bangunan diperbaharui dengan menambah ketinggian mencapai 159 meter. Tingginya menara yang di miliki Gereja Olaf, juga digunakan sebagai rambu maritim, yang membuat kota perdagangan Tallinn terlihat dari jauh di laut. Antara 1549 dan 1625, puncak menara pernah terbakar setelah tersambar petir. Menara St Olav telah terkena petir sedikitnya delapan kali, dan seluruh gereja pernah terbakar tiga kali. Setelah beberapa kali perbaikan, tinggi keseluruhan sekarang mencapai 123,7 meter.




4. Basilika Our Lady of Peace (Tinggi 158 m)
Basilika Our Lady of Peace dari Yamoussoukro atau Basilique Notre-Dame de la Paix de Yamoussoukro) adalah sebuah basilika Katolik Roma kecil yang didedikasikan untuk Our Lady of Peace di Yamoussoukro, ibukota administratif Pantai Gading (Pantai Gading). Basilika ini dibangun antara 1985 dan 1989 dengan biaya $ 300 juta. Desain kubah dan plazanya jelas terinspirasi oleh orang-orang dari Basilika Santo Petrus di Kota Vatikan, meskipun bukan merupakan replika langsung.  Batu pertamanya diletakkan pada tanggal 10 Agustus 1985, dan ditahbiskan pada 10 September, 1990 oleh Paus Yohanes Paulus II.




5. Katedral Cologne (Tinggi 157,4 m)
Katedral Cologne adalah sebuah gereja Katolik Roma di Cologne, Jerman. Gereja ini juga merupakan tempat dari Uskup Agung Cologne, dan berada di bawah administrasi Keuskupan Agung Cologne. Katerdral Cologne didedikasikan untuk Santo Petrus dan Santa Perawan Maria. Katedral ini juga adalah salahsatu dari Situs Warisan Dunia, yang paling terkenal  arsitekturnya di Jerman, dengan rata-rata pengunjung 20.000 orang per hari. Pembangunan Cologne Cathedral dimulai pada 1248 sampai 1880 untuk menyelesaikanya.




 Sumber :