Wednesday, June 8, 2011

Game online saat ini sudah mendominasi pangsa penjualan game ketimbang game offline atau game konsol. Hal ini dikarenakan game online mempunyai tantangan yang lebih dari game offline seperti bermain online via internet, ada lawan yang bisa dilawan langsung alias tidak harus melawan computer seperti di game offline, komunitasnya lebih banyak, item yang tersedia dalam game lebih banyak dan lebih update, dan hal terakhir yang sekarang menjadi salah satu unsure utama penarik minat orang untuk main game online adalah, karakter yang dimainkan dan item-item yang dimiliki bisa menjadi mesin uang untuk pemainnya seperti pada beberapa game online yang sedang digemari saat ini.

GAME ONLINE

Main game online memang mengasyikkan. Terutama saat kita sudah penat dengan kesibukan atau aktifitas kita sehari-hari maka tak ada salahnya kalau kita mengalihkan semua itu dengan bermain game. Tapi, kita harus berhati-hati dengan pola pikir itu karena jaman sekarang, tidak sedikit orang yang jadi salah kaprah dengan pola pikir itu hingga game online menjadi suatu candu dimana menjadi satu keharusan dalam kegiatan sehari-hari. Apakah anda sudah termasuk pencandu game online atau tidak? Mari kita kenali ciri-cirinya terlebih dahulu.

KECANDUAN GAME ONLINE

  1. Dalam sehari anda hanya bermain satu game saja dengan waktu lebih dari 3 jam bahkan bisa seharian penuh.
  2. Anda rela mengeluarkan uang banyak hanya untuk main game tersebut dan membeli voucher-voucher game tersebut hanya untuk mengupgrade item dan karakter yang anda miliki.
  3.  Lebih dari 1 bulan masih tetap bermain game yang sama dengan intensitas bermain setiap hari
  4. Punya banyak teman dari game tersebut dan bahkan sampai masuk ke komunitas game tersebut 
  5. Kesal dan marah jika dilarang atau terhalang untuk main game tersebut
  6. Sangat antusias jika ditanyakan mengenai game tersebut
  7. Jika anda bermain game online di warnet, maka waktu anda lebih sering dihabiskan di warnet untuk main game online ketimbang melakukan kegiatan lainnya.
  8. Anda mulai menganggap diri anda adalah karakter game tersebut.
  9. Anda bahkan mengatur waktu khusus untuk bermain game online.
  10. Isi dompet anda lebih banyak voucher game online bekas pakai atau bahkan voucher-voucher baru.
  11. Anda mendahulukan menyisihkan biaya untuk ke warnet dan main game online ketimbang menyisihkan biaya untuk kebutuhan lainnya yang mungkin lebih penting dari main game di warnet.

GAME ONLINE

Jika anda sudah melakukan lebih dari 5 hal diatas, maka anda sudah termasuk pencandu game online. Maka apa yang harus anda lakukan untuk mencegah atau bahkan menghilangkan kecanduan game online. Mungkin anda bisa mulai melakukan hal-hal dibawah ini:
  1. Meminta orang terdekat anda untuk sementara menjadi pengingat anda setiap kali anda mau ke warnet atau mau maen game. Akan sangat baik apabila dia bukan seorang gamers juga.
  2. Mulai menata kembali waktu dengan mengisinya dengan jadwal-jadwal yang bisa membuat anda tidak memikirkan game online setiap waktu.
  3. Kurangi waktu anda bermain dengan mulai menentukan jam bermain dan hari bermain dan usahakan anda mematuhi jadwal yang anda buat.
  4. Hitung kembali biaya yang sudah anda keluarkan hanya untuk main game online dan lihat jumlahnya, kemudian anda bisa menyadarkan diri anda sendiri dengan berkata kepada diri sendiri anda, “kalau saja saya tidak menghabiskan uang saya untuk bermain game saja, mungkin saya sudah bisa beli banyak barang yang saya inginkan”.
  5. Alihkan pikiran anda dengan melakukan hal-hal lain yang dulu biasa anda lakukan sebelum anda mulai kecanduan game online saat timbul keinginan untuk maen game online.
 Selain hal-hal diatas, mungkin anda juga harus mengingat bahwa, game diciptakan untuk memberi keuntungan kepada manusia berupa melatih kecerdasan, meningkatkan sifat kompetisi dalam diri manusia, dan hal-hal positif lainnya yang dimaksudkan dari para pencipta game. Jadi jangan membuat hal yang positif menjadi negative pengaruhnya bagi diri kita.

Sumber :