Monday, June 6, 2011


Definisi ilusi
Ilusi berasal dari bahasa latin yaitu illusio yang berarti cemooh, illudere yang berarti mencemoohkan, menggaburkan, dan menyesatkan. Ilusi merupakan keadaan salah tafsir dari indra terhadap rangsangan suatu objek atau pengamatan yg tidak sesuai dng pengindraan. Misalnya ilusi optic, tidak lain merupakan tipuan mata pada saar melihat benda. Jadi seolah-olah mata tersesat dalam mengamati suatu objek, karena mata bukanlah alat pengukur yang baik. Ilusi juga bias berarti tidak dapat dipercaya atau palsu. Ilusi juga dapat berarti sesuatu yang hanya dalam angan-angan atau dengan kata lain adalah khayalan. Bagian-bagian dari ilusi adalah halusinasi, khayalan, fantasi, delusi dan asosiasi. Bahasa Inggris untuk kata ilusi adalah Illusion 


1. Elevator Floor Illusion  
 
Masuk ke elevator ini dan dengan adanya tanda sedang dalam perbaikan membuat anda tambah tambah nervous. kenapa??




2. Earthquake illusion 
 
Palang merah membuat iklan ini dengan ilusi optikal untuk membuat orang-orang yang melihatnya lebih awas terhadap gempa bumi dalam kampanye awas gempa di san fransisco.



3. Leaning tower illusion 

2 foto yang sama, kecuali yang kanan menaranya lebih miring. 


4. Triple sunrise illusion 
 
ini adalah ilusi alam, di hari ini, matahrin terbit di sebelah timur dari equinox, kejadian astronomik geosentris yang terjadi 2 kali dalam setahun. 


5. Land shark optical illusion 

ini pertama kali diperlihatkan di majalah ekonomi dan finalis untuk epica awrd (salah satu sign competition) 


6. Transparent street sign illusion 

artis seni dari chicago, Cayetano Ferrer membuat tanda jalan dengan image yang ada di belakangnya yang membuat ilusi sehingga kelihatan transparan (padahal bukan, itu dilukis sesuai dengan gambar pohon dibelakangnya). 


7. Cardiff bay illusion 

pengunjung cardiff bay pasti akan suka seni yang dibuat oleh artis swiss Felice Varini dan teamnya. jika dilihat dari sudut yang tepat, ilusi ini akan membuat satu lingkaran utuh!!! 

8. Shadow illusion 
 
partner di baik kehidupan maupun seni. Tim Noble (1966) dan Sue Webster (1967) mengubah sampah menjadi seni yang menakjubkan. seni ini dikenal dengan "dirty white trash" 

9. Death ad illusion 
 
ilusi ini dibuat untuk iklan untuk meningkatkan kehati2an tentang menggunakan tangga  

Sumber :