Thursday, June 9, 2011

[Image: 78104_wanita_ngobrol_sambil_minum_teh_300_225.jpg]


Teman yang baik tidak hanya ada saat senang, tapi juga menemani saat duka. Terlepas keluarga, kehadiran teman membuat hidup lebih berwarna. Bahkan, memiliki teman akrab sebagai tempat berbagi bisa meningkatkan harapan hidup.

Demi hidup lebih berkualitas, bertemanlah dengan siapa saja. Hanya, perlu seleksi untuk menjadikannya teman dekat. Ada beberapa tipe teman yang wajib dimiliki. Namun, ada pula tipe teman yang perlu dijauhi.

Empat teman wajib punya:

1. Teman belanja
Setiap orang memiliki gaya dalam berbelanja. Sebagian menyenangi aktivitas itu saat waktu luang supaya puas berkeliling mencari barang yang tepat. Tapi, sebagian memilih ke pusat belanja saat perlu dan bisa memilih barang belanjaan dalam lima menit.

Jadi, perlu miliki teman akrab dengan gaya serupa dengan tipe Anda. Gaya belanja yang sama bisa mempererat hubungan pertemanan atau apa yang disebut chemistry. Saat ada kecocokan, kualitas pertemanan pun terjaga.

2. Teman pagi buta

Masalah bisa menimpa siapapun dan kapanpun. Karenanya, penting memiliki seorang teman akrab yang siap menerima telepon genting setiap saat, bahkan saat dini hari. Seorang teman yang membuat Anda leluasa berbagi rahasia dan masalah dalam hidup.

3. Teman 'nakal'
Memiliki teman yang berbeda karakter terkadang penting. Perpaduan antara si 'nakal' dan si 'manis' mungkin bisa mencipta kesimbangan hubungan pertemanan. Asal tak mengganggu hidup Anda, memiliki seorang teman 'nakal' juga bisa menambah wawasan hidup.

4. Teman kerja
Pastikan Anda memiliki teman akrab di lingkungan keseharian Anda, seperti teman kerja. Mereka penting untuk membantu Anda saat menghadapi masalah pelik dengan lingkungan kerja. Sebuah penelitian di Universitas Tel Aviv di Israel bahkan mengungkap bahwa salah satu rahasia hidup panjang umur adalah dengan memiliki hubungan yang baik dengan rekan-rekan kerja.

Sementara empat teman yang perlu dijauhi:

1. Pengaruh buruk
Tipe ini cenderung mendorong Anda melakukan atau mengambil keputusan salah. Bahkan, tak jarang mengajak Anda terjun ke tindakan-tindakan negatif. Gunakan kontrol diri jika sulit menjauhi teman semacam ini.

2. Selalu mengeluh
Ada teman yang tidak pernah melihat sisi positif dari setiap keadaan. Mulai dari pekerjaan, keluarga, sampai soal makanan. Tak masalah jika keluhan yang muncul masih bisa ditolerir. Namun, segera menghindari jika sosoknya selalu menebar aroma negatif bagi kehidupan Anda.

3. Angkuh
Tipe ini cenderung merasa selalu lebih baik dan lebih hebat dari Anda. Tanpa sadar, ia akan mengganggap Anda sebagai pesaingnya, bahkan musuh. Jika Anda berhasil dalam suatu hal, dia tampak tidak senang. Jika dia sukses terhadap sesuatu, dia akan pamer secara berlebihan.

4. Merasa tahu segalanya
Berhati-hatilah jika Anda memiliki teman seperti ini. Ia cenderung senang mengkritik bahwa tindakan Anda keliru. Biasanya, kritik terus meluncur tanpa ada solusi untuk sesuatu yang lebih baik.

Sumber :
eocommunity.com