Tuesday, June 14, 2011

Saat ini seni bela diri secara perlahan menjadi fenomena dunia. Ada ribuan jenis teknik pertarungan yang sengaja diciptakan oleh ras manusia di seluruh dunia. Hal ini mendorong banyak para petarung yang menggemari seni bela diri untuk berkeliling dunia demi mencari seni dan teknik bela diri terbaik. Seni bela diri tidak hanya menjadi konsumsi para penggemar seni bela diri saja, namun para pasukan militer juga mengembangkan dan menggabungnya sebagai teknik kemampuan bertarung paling efektif dalam pertempuran. Berikut adalah 5 seni bela diri paling mematikan di dunia:

1. Kalarippayattu
Kalaripayattu merupakan salah satu bentuk seni bela diri tertua yang ada. Kalarippayattu berasal dari Kerala, di India Selatan. Praktisi Kalarippayattu berusaha untuk menanamkan kecerdasan dan spiritualitas tingkat tinggi dengan memanfaatkan Shastra Mantra dan Shastra Tantra. Seorang praktisi Kalaripayattu yang sudah mencapai tingkat spiritualitas yang tinggi tidak hanya mampu memukul, bergulat, menggunakan berbagai jenis senjata, tapi juga memiliki kemampuan merasakan gerakan lawan dan bertahan sebelum diserang. Kalaripayattu mengembangkan kemampuan indera keenam dan kelincahan gerak.

2. Sambo
Sambo berasal dari Federasi Rusia pada tahun 1938. Sambo adalah seni bela diri gulat yang berasal dari Judo dan teknik gulat Eropa Timur. Teknik istimewa dari Sambo dinamakan Combat Sambo yang digunakan oleh militer dan pasukan elit di seluruh dunia untuk melumpuhkan musuh dalam situasi pertempuran jarak dekat. Dengan teknik ini praktisi Sambo dapat menjatuhkan lawan dan melukai bagian dari tubuh mereka dengan kuncian dalam hitungan detik.

3. Muay Thai
Seni bela diri Muay Thai dikenal dengan sebutan “Seni Delapan Tungkai”. Bela diri ini berasal dari Thailand, dan saat ini menjadi olahraga nasional di Negeri Gajah Putih tersebut. Seorang praktisi Muay Thai memiliki kemampuan menyerang dengan menggunakan tulang kering, siku, tangan dan lutut. Praktisi Muay Thai biasanya berusaha meraih lawan dan mengunci mereka dengan kuat lalu menghantamkan lutut ke arah bagian vital. Mereka berusaha menjatuhkan lawan secepat dan seefektif mungkin.

4. Krav Maga
Secara harfiah Krav Maga berarti “Pertarungan dari Tangan ke Tangan” dan dikembangkan dari teknik pertarungan jalanan di Israel. Krav Maga telah menjadi salah satu seni bela diri yang paling cepat berkembang di seluruh dunia saat ini. Krav Maga lebih berfokus pada pertahanan bukan ancaman serangan ofensif, sehingga akhirnya praktis dan berguna dalam konteks global saat ini. Perbedaan variasi dari Krav Maga digunakan dalam kekuatan militer di seluruh dunia dan dalam Pasukan Khusus seperti, Mossad, FBI dan SAS Inggris.

5. Silat
Silat berasal dari Indonesia. Sekilas gerakan silat tampak seperti gerakan lambat dan halus layaknya sebuah tarian. Namun semua gerakan itu digunakan untuk mengelabui lawan. Ketika praktisi Silat menyerang, ia akan langsung mengarahkan ke bagian paling vital dari lawan, seperti tenggorokan hingga kemaluan. Silat juga dibekali dengan kemampuan mengunci lawan dalam berbagai bentuk posisi, baik itu saat lawan terjatuh atau saat masih berdiri. Saat mengunci lawan, teknik Silat hanya bertujuan untuk membunuh lawan. Silat juga dibekali dengan kemampuan indera keenam yang mampu membuat mereka mengetahui kemana arah serangan lawan. Silat merupakan kemampuan dasar wajib pasukan elite militer di Indonesia dan Malaysia.(**)

Sumber :