Monday, May 16, 2011

 KEMAJUAN teknologi menggiring internet menjadi bagian hidup yang tidak terpisahkan dari manusia. Kapanpun waktu memungkinkan, mengecek akun Facebook, atau hanya berselancar di dunia maya untuk mencari informasi, dilakukan untuk menghindari kebosanan.
(Foto: gettyimages)
Kendati online menyenangkan, jangan sampai Anda buka-bukaan di dunia maya untuk mem-posting sesuatu yang tidak pantas. Ada beberapa hal yang tetap harus disembunyikan, seperti dilansir Times of India.

Koleksi foto maupun video intim

Belajar dari kasus tersebarnya video mesum koleksi pribadi, pertimbangkan kembali sebelum Anda berniat meng-upload gambar maupun video pribadi. Begitu mengunggahnya, Anda tidak akan pernah bisa benar-benar menghapusnya. Pastikan Anda tidak mem-posting sesuatu yang tidak pantas diketahui atasan, rekan kerja, saudara, maupun orangtua.

Nomor telepon

Alamat rumah juga tidak sebaiknya diberikan secara rinci di dunia maya. Kendati Anda merasa bisa memercayai teman-teman akun Facebook, tapi sebaiknya Anda jangan naif. Bisa jadi, nomor telepon dan alamat Anda dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan mengirimkan undian berhadiah palsu.

Kata-kata hinaan atau cacian

Saat Anda memiliki sesuatu untuk dikeluhkan kepada atasan maupun guru, sebaiknya temui mereka secara langsung, bukan mencacinya di status Facebook Anda. 

Nomor rekening

Sebelum belanja online, pastikan situs yang Anda tuju tergolong aman. Jangan pernah memberikan pin ATM kepada siapapun. Kendati keadaan yang Anda hadapi cukup darurat, jangan pernah mengambil risiko!

Status detail dari menit ke menit

Mungkin menurut Anda status detail dari menit ke menit itu lucu, tapi tidak bagi sebagian besar orang. Terutama jika Anda menuliskan dari pagi “mempersiapkan sarapan”, dilanjutkan dengan kegiatan yang tidak terlalu penting diketahui orang lain “pergi berbelanja bulanan”.

Sumber :
lifestyle.okezone.com