Thursday, May 26, 2011

 

Siapa yang tak kenal buah mangga. Buah yang ada dalam menu rujak dengan rasa asam manis ini tak hanya menyegarkan. Buah yang sarat dengan vitamin, mineral dan anti oksidan ini bermanfaat untuk kulit.


Dr Apratim Goel, dermatolog asal India mengatakan, "Mangga merupakan sumber yang kaya beta karoten (vitamin A), yang merupakan antioksidan kuat. Terlepas dari efek peremajaan, vitamin A juga memiliki efek dramatis mengusir jerawat,” katanya seperti dikutip dari laman Times of india.

Kandungan beta-karoten pada mangga adalah nutrisi yang membantu Anda saat melihat dalam gelap, dan itu penting untuk kulit anda. Kandungan ini sering dikonversi oleh tubuh menjadi vitamin A dan sering diresepkan sebagai pengobatan topikal untuk mengatasi jerawat.

Mangga juga mengandung serat tinggi tetapi rendah kalori dan sodium. Mereka juga kaya vitamin A dan memiliki sejumlah vitamin B dan C serta kalium, kalsium dan besi. Senyawa fenol dan beberapa enzim pada mangga juga bermanfaat sebagai obat penyembuhan yang bersifat anti-kanker.

Dermatolog Dr Satish Bhatia, menyatakan, "Fenol dalam mangga dan enzimnya selain mempromosikan kesehatan kulit dan rambut, membantu dalam mengontrol diabetes dan meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan. Vitamin B3 dan B-kompleks memperkuat rambut. Enzim magniferin, mempercantik kulit dan bermanfaat melawan kanker . "

Para ahli gizi menyebutkan, mangga tidak memiliki banyak lemak di dalamnya, dan mampu mengurangi kolesterol. Buah ini juga sumber gula alami. Ahli Gizi Klinis Dr Nupur Krishnan mengatakan kandungan serat dalam mangga sangat tinggi, termasuk juga Vitamin A yang sangat bermanfaat untuk kulit , mencegah kusam, mencegah pori-pori terbuka,dan mengatasi masalah jerawat, serta menghaluskan siku, lengan dan lutut.

Mengkonsumsi mangga secara teratur membuat warna kulit terlihat lebih merata, lembut dan lebih bersinar. Dr Goel menambahkan, "Mangga efektif dalam mengurangi pori-pori kulit tersumbat. Antioksidannya tinggi dan rendah karbohidrat.. Buah ini mengandung banyak tryptophan, yang membantu dalam pembentukan serotonin penghasil hormon kebahagiaan."

Mangga memiliki kandungan zat besi. Jadi, wanita hamil dan penderita anemia disarankan untuk makan buah ini. "Selain daging buahnya, kulit buah mangga kaya AHA (asam alfa hidroksil) dan bisa digunakan untuk membantu pengelupas kulit dan peremajaan kulit. Merangsang pergantian sel lebih cepat,” kata Dr Goel.

Ritu Tanwar, seorang pakar estetika mengatakan, "Gosok kulit mangga bagian dalam yang telah di wajah Anda dengan lembut selama beberapa menit. Buah ini memiliki banyak bahan yang dapat membantu kulit tetap halus dan muda . Efek peremajannya sangat kuat."


Vitamin C, dalam buah ini juga membantu pembentukan kolagen, yang membuat kulit lebih sehat. Untuk itu, jangan pernah lupakan buah ini dalam menu diet Anda sehari-hari.

Sumber :
kosmo.vivanews.com