Tuesday, February 15, 2011

Kecemburuan adalah hal yang lumrah terjadi pada bayi kembar saat disusui oleh ibunya. Dengan beberapa tips sederhana ini, kecemburuan pada bayi kembar Anda akan teratasi!

Banyak para ahli menyatakan bahwa anak-anak tidak akan memperlihatkan tanda-tanda kecemburuan sampai usia mereka mencapai tahap balita. Namun, fenomena kecemburuan saat pemberian ASI sudah bisa terjadi pada bayi kembar yang berusia empat bulan, meskipun umumnya terjadi pada usia enam bulan. Kecemburuan dalam mendapatkan ASI biasanya muncul pada anak ketika ibunya sibuk menyusui saudara kembarnya. Hal tersebut dilakukan oleh si kembar sebagai suatu cara untuk merebut kembali perhatian si ibu. Kecemburuan pada si kembar yang menuntut untuk diperhatikan dan dirawat secara bersamaan tentu mengakibatkan seorang ibu kelelahan dan kewalahan. Nah, di bawah ini ada beberapa cara efektif yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir rasa cemburu yang muncul pada si kembar.

Atur waktu tidur

Aturlah waktu bangun dan tidur yang berbeda antar masing-masing si kembar, sehingga Anda dapat menghabiskan waktu penuh untuk salah satu dari bayi kembar Anda sebelum si kembar yang lain bangun dari tidurnya. Misalnya, jika salah satu bayi kembar Anda bangun di siang hari, maka aturlah sedemikian rupa agar saudaranya bangun 15 sampai 20 menit kemudian. Lakukan hal yang sama saat mereka tidur siang maupun tidur di malam hari. Tidur kan salah satu bayi kembar Anda pada waktu yang ditentukan, dan gunakanlah waktu tersebut untuk menyusui bayi kembar Anda yang lain. Lakukan hal tersebut secara bergantian agar Anda sendiri tidak kewalahan saat menyusui kedua bayi kembar Anda.

Alihkan perhatian

Berilah mainan favorit maupun makanan ringan pada salah satu dari mereka yang tidak sedang Anda susui sebagai pengalih perhatian. Selain itu, Anda juga bisa menyuruh anak Anda yang lebih tua untuk bermain dengan si kembar agar dia merasa terhibur. Nah, hal ini dapat memberi Anda waktu lebih yang Anda butuhkan untuk menyusui saudara kembarnya secara leluasa. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa kecemburuan mungkin tetap muncul pada salah satu si kembar, jadi aturlah waktu sedemikian rupa agar Anda tetap dapat memberi perhatian yang sama pada kedua bayi.

Susui Bersamaan

Sekali waktu, susui kedua bayi kembar Anda secara bersamaan. Tidak dapat dipungkiri bahwa akan ada saat ketika Anda diharuskan menyusui kedua bayi sekaligus. Sebagai contohnya, salah satu dari si kembar menangis karena kepalanya terbentur dan hal tersebut terjadi bersamaan ketika Anda sedang menyusui bayi kembar yang lain. Nah, tidak ada pilihan lain yang dapat Anda lakukan selain menyusui kedua bayi kembar secara bersamaan. Menyusui terkadang merupakan cara terbaik untuk menenangkan bayi saat rewel maupun menangis. Jadi, jangan ragu untuk menyusui kedua bayi kembar Anda dalam waktu yang sama jika hal tersebut memang yang mereka perlukan. Dengan begitu, tidak akan muncul kecemburuan antara si kembar yang satu dengan yang lain.

http://bayidanibu.blogspot.com/2011/02/tips-menyusui-bayi-kembar.html