Friday, February 25, 2011

kalian pasti sudah tak asing lagi dengan mainan anak-anak yang satu ini, Tazos namanya. mainan ini memang sudah ada sejak saya kecil. tepatnya tahun 90 an lah. tazos adalah mainan anak berupa disk kecil yang biasanya bergambar tokoh-tokoh kartun anak-anak. Tazos pertama kali dibuat oleh Frito-Lay, yaitu sebuah perusahaan yang merupakan anak perusahaan dari Pepsi Ltd yang berada di Amerika.

Tazos dibuat sebagai mainan hadiah dari minuman ringan dan snack ringan pada masa itu (walaupun ada yang menjual tazos secara terpisah). bagi anak-anak, mengoleksi tazos adalah satu hal yang sangat menarik, hal ini kemudian memicu kenaikan penjualan produk-produk yang memberikan hadiah tazos pada setiap penjualanya.

Karna kesuksesanya itulah maka kemudian tazos menjadi senjata ampuh untuk meningkatkan penjualan produk anak-anak, bahkan di tahun 1992
, terjadi invasi besar-besaran dimana tazos mulai dipakai di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

bentuk Tazos sendiri sebetulnya bermacam-macam, mulai dari lingkaran, segi delapan, sampai lingkaran bergerigi (bentuk inilah yang paling terkenal di Indonesia). bahan dasar pembuatanya pun bermacam-macam. ada yang dibuat dari plastik,seng, dan bahkan beberapa seri telah dihasilkan dari karton atau aluminium (seperti Australian Yu-Gi-Oh! Metallix seri. Tazos mulai menampilkan gambar-gambar karakter Looney Tunes, tetapi di seluruh dunia juga fitur Pokémon, The Simpsons, Star Wars, AFL dan NRL, Beyblades dan banyak lagi


berikut adalah berbagai variasi tazos yang pernah beredar :

http://7wolu.blogspot.com/





Tazos bisa dikoleksi dengan membeli produk makanan yang meberi hadiah tazos, atau dengan memainkanya (dimainkan dengan teman kita, jadi intinya kalo kita menang, tazos teman kita menjadi milik kita). berikut adalah beberapa cara memainkan tazos :

a. tembak sasaran

dua pemain atau lebih mengumpulkan tazosnya dengan jumlah sesuai kesepakatan, kemudian tazos yang terkumpul ditumpuk menjadi satu, kemudian setiap pemain bergantian menembak tumpukan tazos tadi , barang siapa yang bisa mengenainya, maka tumpukan tazos itu menjadi miliknya

b.gambar atau logo

setiap pemain memilih satu tazos jagoan, kemudian tazos dilempar. barang siapa yang tazosnya jatuh dalam posisi gambar berada di atas, maka dialah yang menang (cara permainan ini adalah yang paling sering dimainkan)

c.attack and defense

permainan ini membutuhkan sedikit pemikiran dan strategi, karna cara permainan ini hampir mirip dengan yu gi oh, jadi pada intinya kita mengolah tazos agar menjadi kombinasi tazos dengan nilai tertinggi (dihitung berdasarkan jumlah bintang yang tertera pada tazos).

Di Indonesia sendiri, tazos bisa didapatkan dengan membeli makanan ringan chiki.

Chiki, idola masa lalu
Tazos di Indonesia yang paling terkenal adalah tazos pokemon, tazos ini tenar di tahun 2000 an, walaupun sebelumnya tazos looney tones lebih dulu tenar, tapi puncak ketenaran Tazos di Indonesia ya pas era Tazos Pokemon ini.
beginilah penampakan tazos pokemon

Tapi kini, sayangnya tazos mulai jarang ditemukan. anak-anak jaman sekarang sudah maju, sudah banyak yang tak tertarik dengan mainan kenangan ini.


http://7wolu.blogspot.com/2011/02/fakta-tentang-tazos.html