Sunday, January 2, 2011


ikan rivulus

Penelitian ilmuwan AS mengungkapkan bahwa ikan tropis yang hidup di rawa ini mampu bertahan selama berbulan-bulan tanpa air. Salah satu spesies ikan mangrove rivulus (Rivulus marmoratus) yang hidup di rawa bakau di sepanjang benua Amerika.

Setelah tiba musim kemarau dan kekurangan air menyusut, ikan ini, yang hanya bisa tumbuh sampai ukuran 7,5 inci, kadangkala terjebak dalam rongga batang pohon yang kelapa, dan bahkan kaleng timah. Mereka hidup meringkuk dalam lubang tanah dan bernapas menggunakan kulitnya daripada insangnya.

Tidak seperti kebanyakan ikan yang bernapas dengan insang, mangrove rivulus bernafas dengan kulit. Ketika habitat mulai mengering, mereka bersembunyi di lubang-lubang di tanah, atau bahkan kaleng minuman tempurung kelapa. Bersembunyi, menghirup ikan dengan kulit dan dapat hidup selama berbulan-bulan tanpa air. Setelah hujan datang dan banjir air habitat kembali, mereka keluar dari persembunyian dan hidup seperti ikan biasa.

Scott Taylor, seorang peneliti dari Florida, Amerika Serikat, tidak sengaja menemukan bahwa ketika melakukan penelitian di Belize, Amerika Tengah. Ini jenis ikan tropis tersebut sebenarnya juga dapat ditemukan di Brasil dan Amerika Serikat.

“Kami membongkar sebuah batang pohon dan ikan itu keluar tiba-tiba” kata Taylor. Kemudian hasil pengujian yang dilakukan di laboratorium menunjukkan bahwa ikan bertahan sampai lebih dari 66 hari tanpa makanan dan air. Anehnya, sistem metabolisme tetap berfungsi normal.

Tidak hanya ikan yang bertahan hidup tanpa air, mangrove rivulus memiliki kondisi seksual aneh. Setiap ikan memiliki testis alias partenogenesis dan ovarium sehingga dapat melakukan perkawinan independen dengan telur mereka sendiri dibuahi dalam tubuh. Itu mungkin ikan paling kuat, tidak hanya memiliki seks aneh tetapi juga memiliki kehidupan standar yang berbeda dari ikan lainnya.

MANGROVE RIVULUS
Order – Cyprinodontiformes
Keluarga – Aplocheilidae
Genus – Rivulus
Spesies – marmoratus