Tuesday, January 25, 2011

 


Istirahat menjadi obat mujarab menyembuhkan tubuh lelah. Demi mendapatkan kesegaran sempurna, ada beberapa elemen penting yang mendukung kualitas istirahat sempurna.

Agar tubuh kembali segar saat bangun pagi, tak ada salahnya  mencoba empat cara menangkal lelah berikut ini:

1. Warna cerah di kamar tidur"Melihat warna cerah ketika Anda membuka mata, akan membangkitkan adrenalin dan gelombang energi," kata Leatrice Eiseman,Pantone Color Institute, seperti dikutip dari Prevention.

Aplikasikan warna oranye, merah, kuning, atau fuchsia pada bantal, selimut, atau sprei. Ketika Anda membuka mata, warna-warna cerah itu akan mengubah rasa lelah menjadi energi. Bahkan, sarapan dengan makanan atau minuman warna cerah juga bisa membuat Anda lebih bersemangat.

2. Bunga segarMelihat bunga segar saat bangun pagi, akan membuat wanita lebih berenergi dan membangkitkan mood. Hal itu menurut penelitian yang dilakukan Nancy Etcoff, PhD, dari Harvard Medical School dan Harvard University Mind/Brain/Behavior Initiative.

3. Atur alarmMematikan alarm yang sudah berbunyi dan kembali tidur justru akan menggangu kualitas tidur. Anda menjadi merasa tidak tenang saat tidur kembali. Jadi, pasang alarm pada waktu yang tepat.

"Atur alarm Anda ketika Anda benar-benar perlu bangun. Tidur yang tidak terganggu akan membuat Anda merasa lebih segar saat bangun," kata Jodi Mindell, PhD, direktur dari Pusat Gangguan Tidur di Children Hospital of Philadelphia.

4. Minum air putihSegera minum segelas air putih setelah bangun pagi. Ini cara terbaik untuk menggantikan cairan yang hilang saat tidur. Air putih juga membangkitkan energi secara instan dan tentunya menangkal lelah.

"Setiap sistem dalam tubuh Anda membutuhkan air. Tanpa cukup banyak air, sistem dalam tubuh harus bekerja lebih keras dalam segala hal, yang dapat menyebabkan Anda merasa kelelahan. Jadi perbanyak minum air putih untuk menangkal lelah," kata Holly Andersen, MD, asisten profesor kedokteran di Weill Cornell Medical Center.

Bahkan, penurunan kadar air dalam tubuh hanya 2 persen sudah berpengaruh negatif pada fisik dan mental. Anda akan merasa pusing dan sensitif saat kekurangan cairan. Untuk itu, selalu bawa air putih kemanapun Anda pergi. Jangan sampai mengalami dehidrasi
• VIVAnews